MAFFEST 2022, BEM FKP Unud Gelar Ocean Scientific Essay Competition

  07 November 2022 PENDIDIKAN Badung

Badan Eksekutif Mahasiswa FKP UNUD menyelenggarakan rangkaian kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2022, salah satu dari rangkaian acara MAFFEST adalah Ocean Scientific Essay Competition (OSEC) 2022.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Badan Eksekutif Mahasiswa FKP UNUD menyelenggarakan rangkaian kegiatan Marine and Fisheries Festival (MAFFEST) 2022, salah satu dari rangkaian acara MAFFEST adalah Ocean Scientific Essay Competition (OSEC) 2022.

Kegiatan dengan tema “Inovasi Generasi Muda Dalam Memajukan Sumberdaya Di Sektor Kelautan Dan Perikanan” dengan tiga sub-tema yaitu strategi daur ulang sampah guna membantu pelestarian laut Indonesia, gagasan inovasi dalam menanggapi pembangunan terminal LNG dan konservasi biota laut di kawasan Indonesia. 

Lomba esai ilmiah ini dilaksanakan di Gedung AS Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jimbaran pada 6 November 2022 dan diikuti oleh peserta Sekolah Menengah Atas (SMA) Se-Bali dan Mahasiswa Negeri maupun Swasta Se-Bali.

Kegiatan lomba OSEC ini bertujuan untuk mengembangangkan potensi dan keterampilan peserta sehingga mampu menciptakan karya dalam bentuk essay ilmiah yang kreatif, inovetif dan soluktif di bidang kelautan dan perikanan. 

Kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2022 diikuti oleh 7 orang peserta dari siswa/siswi SMA dan mahasiswi/mahasiswa di Bali. Pada acara pembukaan lomba ini dibuka oleh Pembina Badan Semi Otonom Kewirausahaan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana.

Pada pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Udayana, doa, laporan ketua panitia, sambutan ketua MAFFEST, sambutan ketua BEM Fakultas kelautan dan Perikanan, sambutan Pembina Badan Semi Otonom Kewirausahaan sekaligus membuka acara Ocean Scientific Essay Competition 2022.

Kemudian acara dilanjutkan dengan dengan pembacaan CV juri dan pembacaan ketentuan OSEC 2022. Juri tersebut adalah I Ketut Wija Negara, S.St.Pi., MP; Ni Luh Gede Rai Ayu Saraswati, S.Pi.,M.EnvSc; dan I Wayan Darya Kartika, S.Pi.,M.Si. Acara dilanjutkan dengan persiapan presentasi untuk peserta nomor urut 1 hingga 7.

Total waktu yang diberikan untuk presentasi adalah 15 menit termasuk waktu persiapan hingga tanya jawab satu orang peserta. Pemenang di kegiatan Ocean Scientific Essay Competition mendapatkan Plakat, selempang, goody bag, dan uang tunai ratusan ribu rupiah.

Sembari menunggu pengumuman juara panitia OSEC menayangkan video pengenalan kampus Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana kepada Juri dan Peserta untuk mengetahui gambaran tentang apa itu Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana.

Untuk kategori siswa dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Kuta Selatan dan kategori mahasiswa dimenangkan oleh Universitas Udayana. Dengan pengumuman juara tersebut berarti berakhir juga kegiatan Ocean Scientific Essay Competition 2022.(BB).

Sumber: www.unud.ac.id