Libur Lebaran, Hampir 200 Ribu Orang Masuk Bali

  24 April 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Kapal angkutan mudik sedang merapat di Dermaga Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Diperkirakan hampir 200 ribu orang akan memasuki Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk saat arus mudik lebaran 2023. Kedatangan pemudik yang akan balik menuju Bali dipredisi akan mencapai puncak pada H+3. Pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk serta Polres Jembrana sudah mempersiapkan antisipasi arus balik tersebut.

Korsatpel Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk, I Nyoman Agus Sugiarta saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya akan mempercepat proses bongkar muat dan juga port time akan dipercepat agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Ketapang.

"Diprediksi puncak arus balik nanti akan terjadi pada H+3 Lebaran atau setelah cuti bersama nantinya, sehingga kita di Gilimanuk nanti sifatnya menerima, dan memaksimalkan waktu portime agar tidak terjadi penumpukan di Ketapang," ucapnya. Senin (24/4/2023).

Menurutnya, untuk aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk masih ramai dan lancar baik itu aktivitas masuk dan keluar Bali. “Peningkatan orang yang masuk Bali terus terjadi peningkatan dengan jumlah total orang masuk Bali hingga saat ini mencapai 187.694 orang baik itu pejalan kaki maupun orang dalam kendaraan,” ungkapnya.

Sementara itu, meskipun aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk masih ramai lancar baik itu aktifitas masuk maupun keluar Bali, namun peningkatan orang yang masuk Bali terus terjadi peningkatan dengan jumlah total orang masuk Bali hingga saat ini mencapai 187.694 orang baik itu pejalan kaki maupun orang dalam kendaraan. “Untuk kendaraan roda 4 sebanyak 34.637 unit, sedangkan kendaraan roda 2 sebanyak 4.679 unit,” jelasnya.

Sementara Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mengamankan 2 arus balik yaitu balik dari jawa dan balik dari Denpasar. “Kita akan mengamankan arus balik pemudik yang dari Jawa, begitu juga kita akan mengamanakan arus balik wisatawan domistik yamg tempo lalu mamasuki Bali untuk berwisata,” ucapnya.

Dewa Gde mengaku arus balik dari Jawa pihaknya hanya memperlancar dan tidak ada penampungan. Jika arus balik yang keluar Bali padat, Ia mengaku akan tetap memakai pola saat arus mudik yaitu pola pengalihan arus. “Jika terjadi kepadatan, kendaraan dari timur yang akan menuju Pelabuhan Gilimanuk akan kita alihkan ke Terminal Kargo guna kelancaraan arus lalin agar tidak terjadi kemacetan. Untuk pemudik yang balik dari Jawa, kita akan melakukan pengecekan di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk,” ucapnya. (BB)