Kelompok Masyarakat Terdampak Banjir Bandang di Jembrana Terima Insentif Pertanian dan Peternakan

  15 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Pemerintah Kabupaten Jembrana menyerahkan bantuan insentif kepada petani dan peternak yang merupakan warga terdampak banjir bandang Jembrana di Gedung Kesenian Soekarno, senin (15/5).

Bantuan yang diserahkan secara simbolis Bupati I Nengah Tamba bersama Wabup Patriana Krisna serta Ketua DPRD Ni Made Sri Sutharmi wujud kepedulian pemerintah daerah bagi warga terdampak musibah banjir bandang beberapa waktu lalu. Dikesempatan yang sama, turut diserahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi Kelompok Tani/Subak Abian Di Kabupaten Jembrana.

Adapun jumlah bantuan sosial/insentif yang diserahkan kepada kelompok tani/ternak yakni Usaha Tani Rp.234.975.000, Usaha Tani Jagung Rp.50.000.000, Usaha Tani Kedelai Rp. 80.700.000, Ternak Sapi Rp. 60.000.000, Ternak Kerbau Rp. 8.000.000, Ternak Kambing Rp.15.000.000 dan Ternak Babi senilai Rp.20.400.000.Sedangkan bantuan Alsintan perkebunan berupa Mesin pemotong rumput sebanyak 60 unit, Hand Sprayer sebnyak 35 unit, Timbangan Duduk sebanyak 2 buah dan Kotak Fermentasi sebanyak 16 buah yang bersumber dari dana APBD dengan senilai Rp. 193.180.000.

Tujuannya guna mendukung pengembangan komoditas kakao dari hulu hingga hilir dalam upaya mewujudkan jembrana sebagai kawasan kakao dan Jembrana kota coklat. “Bantuan sosial dalam bentuk uang kepada petani yang usaha taninya terdampak banjir bandang bertujuan untuk meringankan beban hidup sosial maupun ekonomi mereka dengan bersumber anggarannya dari DID tambahan tahun 2023,” jelas Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama.

Atas bantuan yang diberikan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba berpesan agar memanfaatkan serta menjaga bantuan yang sudah diberikan. Ia juga berharap bantuan itu dapat bermanfaat secara tepat. “Saya Ingatkan kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan tersebut agar betul-betul menjaga bantuan tersebut.  Kedepan saya juga akan meninjau langsung dan memastikan agar bantuan tersebut di manfatkan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Tamba berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat dan meringankan beban hidup sosial maupun ekonimi masyarakat terdampak. "Saya harap Bantuan ini benar benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya  untuk memenuhi kenutuhan akibat dampak banjir bandang tahun kemarin, maupun untuk mendukung usahatani kedepan," harap Tamba. (Rls/BB)