Disperindag Denpasar Lakukan Kurasi, Produk UMKM Denpasar Bersiap Sambut Kedatangan Wisatawan

  03 Februari 2023 PARIWISATA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Produk usaha mikro  kecil dan  menengah (UMKM) memiliki pasar cukup potensial di sektor pariwisata. Terlebih untuk pasar Tiongkok, produk kerajinan cukup dicari sebagai oleh-oleh khas Bali. Untuk itu pelaku UMKM pun bersiap menangkap peluang ini. Salah satunya ditemui di Denpasar, sekitar 60 an UMKM mengikuti kurasi dari Discovery Shooping Mall yang menjadi salah satu mall penjual oleh-oleh di Bali. Direktur di CV Palm Bali Gift Shop, Discovery Shooping Mall.

Evi Murlan Gunardi saat pelaksanaan kurasi Kamis (2/2) mengatakan, Tiongkok menjadi pembeli terbesar di tempatnya pada sebelum pandemi covid-19. Menyambut kedatangan Wisatawan Tiongkok pascadibukanya kembali border negara tersebut, pihaknya mengaku telah mulai menjajaki kembali UKM. "Kami buru-buru mengajak UKM karena tanggal 12 nanti mau buka. Jadi begitu mereka (wisatawan Tiongkok) datang, kami sudah siap," ujarnya.

Lebib lanjut dia mengatakan, produk UKM memang luar biasa, sehingga merangkul UKM menjadi pilihan. Terutama untuk jenis kerajinan, dikatakannya menjadi produk yang paling dicari oleh Wisatawan Tiongkok. "Biasanya yang ada tulisan atau kesan Balinya itu paling laris, karena mencirikan darimana asal produk itu," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, ini tentu menjadi peluang emas bagi UKM untuk mempromosikan produknya lebih luas lagi. Terlebih setelah hampir 3 tahun produk UKM tidak ada peluang mempromosikan produk secara offline karena terhalang pandemi Covid-19. 

Menurutnya, meski ada alternatif promosi pada teknologi digital, promosi offline masih menjadi kebutuhan, mengingat konsumen ingin melihat keunggulan produk secara langsung. Untuk itu pihaknya pun mengucapkan terimakasih kepada pihak CV Palm Bali Gift Shop, Discovery Shooping Mall telah mengajak UKM di Denpasar dalam merambah pasar Tiongkok. (Rls/BB)