Direktur Rumah BUMN Denpasar Didaulat Berbicara di G20 Future SMEs Village

  17 November 2022 EKONOMI Badung

I Made Abdi Negara, Direktur Rumah BUMN Denpasar yang juga pendiri Bhakti Prosperity Consulting, memperoleh kesempatan untuk menjadi salah satu speaker dalam event G20 SMEs Village di Nusa Dua.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nusa Dua. Selain berhasil meloloskan 8 UMKM Binaan terbaik dalam event G20 SMEs Village, sebagai rangkaian dari KTT G20, I Made Abdi Negara, Direktur Rumah BUMN Denpasar yang juga pendiri Bhakti Prosperity Consulting, memperoleh kesempatan untuk menjadi salah satu speaker dalam event bergengsi tersebut.  

Bertempat di main stage SMEs Village, Bali Collection Shopping Center pada Rabu (16/11) Abdi membawakan materi berjudul "Basic Principles For SMEs Business Plan", yang dipandu I Gusti Bagus Sumertana, owner UMKM Ajik Moringa, aneka makanan herbal berbahan tanaman kelor.

Dalam keterangannya seusai acara, Abdi mengaku bangga diberikan kesempatan untuk berbicara di panggung utama G20 SMEs Village. Selain event ini merupakan salah satu side event G20 yang dilaksanakan di venue utama yakni kawasan ITDC Nusa Dua, juga diikuti oleh lebih dari 300 UMKM yang dipilih melalui proses kurasi ketat dari seluruh Indonesia. 

Kesempatan ini tidak hanya mampu mendukung UMKM untuk menjual dan memperkenalkan berbagai jenis produk unggulan kepada pengunjung dan delegasi, tetapi juga memberikan semangat baru pasca terpuruk akibat Pandemi COVID-19. 

"Materi yang kami bawakan sangat erat kaitannya dengan harapan dan semangat baru yang dirasakan oleh UMKM di Bali saat ini, perencanaan bisnis adalah salah satu alat bantu bagi UMKM untuk berani menatap masa depan dengan lebih baik dan terukur," jelasnya. 

 

Secara khusus, Abdi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan PT PLN (Persero) UID Bali yang telah memberikan fasilitasi dan dukungan penuh dalam membangun sistem pelatihan dan pendampingan termasuk memfasilitasi untuk bisa bergabung dalam event Future SMEs Village. 

Booth Rumah BUMN Denpasar sendiri menampilkan beberapa produk antara lain, Busana Endek dan Songket Bali, Jaket Inovatif karya Haluan Bali, Aneka jenis madu murni Bali Honey, Produk Tossi Coffee, Woodsantara, Krilazz, Ma Ira Olahan Abon dan Minyak Sari Bumi Healing Oil. 

Salah satu produk UMKM Binaan Rumah BUMN Denpasar bahkan mendapatkan apresiasi khusus dari Juru Bicara /Staf Khusus Menteri BUMN yang selama ini sangat konsen  terhadap UMKM melalui Rumah BUMN, Arya Sinulingga. 

Bahkan, secara khusus Arya Sinulingga memposting salah satu produk binaan Rumah BUMN Denpasar yakni jaket inovatif eco printing merek haluanbali. Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berminat untuk memesan jaket dengan motif infrastruktur hasil karya Kementerian PUPR.

"Dengan pola dan dukungan pemerintah yang sangat nyata kepada UMKM seperti saat ini, kami yakin apa yang dicita citakan untuk mendorong 30 Juta UMKM maju dan berkembang sesuai roadmap yang disusun pemerintah, pasti akan bisa tercapai,"pungkasnya.(BB).