Cetak Lulusan Gemilang, STMIK Primakara Segera Berubah Jadi Universitas Primakara

  29 April 2023 PENDIDIKAN Badung

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara menggelar wisuda ke-7 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada Sabtu (29/4/2023) pagi,.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nusa Dua. Langkah besar perjalanan kampus yang dikenal pencetak technopreneur yakni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara yang berlokasi di jalan Tukad Badung Denpasar sepantasnya patut diapresiasi bersama. Bahkan melalui kesuksesan yang diraih wisudawan dan wisudawati, tentu menjadi kebanggaan untuk orang tua-wali karena lulusan Primakara telah siap menyambut masa depan yang gemilang.

Bahkan, pada Sabtu (29/4/2023) pagi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara menggelar wisuda ke-7 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dengan mengambil tema "Colorful Future'. Tema tersebut sebagai gambaran atas lulusan Primakara yang siap menghadapi tantangan masa depan yang penuh warna, beragam, dan dinamis. 

Disela wisuda itu, Ketua STMIK Primakara I Made Artana S.Kom, M.M. menyampaikan berita gembira bahwa STMIK Primakara akan segera merubah institusinya menjadi universitas dengan nama Universitas Primakara. Bagi Made Artana perubahan ini merupakan langkah besar dalam pengembangan STMIK Primakara sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada mahasiswa.

"Proses perubahan ini sudah berlangsung tahun lalu dan izinnya diperkirakan akan terbit dalam waktu dekat ini, sekitar bulan depan," kata Made Artana kepada media disela acara wisuda di Pecatu Hall Bali Nusa BNDCC, Sabtu (29/4/2023).

Made Artana yang pernah menyabet Juara I Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017 dan peraih CYEA (Creative Young Entrepeneur Award) dari Junior Chamber International ini menjelaskan melalui status Universitas, Primakara kedepannya akan memiliki lebih banyak program studi dan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengembangkan potensi akademik dan karir mereka.

Made Artana pun membeberkan jika STMIK Primakara turut pula dipercaya kembali oleh Pemrov Bali, untuk membantu mengkonsep dan mengawal event Bali Digital Festival (Digifest) 2023 yang akan diselenggarakan di tanggal 2-4 Juni 2023. Menariknya, STMIK Primakara dipercaya berbagai pihak seperti Bank Indonesia dan Bank BPD untuk memberikan pelatihan, seperti Digital Marketing dan Digital Culture. 

Selain itu, STMIK Primakara menjadi pembicara di Side Event G20 dengan tajuk Transforming the Economy Towards Resilient and Sustainable Economic Growth yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bapenas. STMIK Primakara juga menerima kunjungan langsung dari Duta Besar India H.E. Mr. Manoj Khumar Bharti pada 13 Mei 2022 terkait Kolaborasi dibidang Pendidikan antara Kedutaan India dengan kampus STMIK Primakara.

Hal lainnya, STMIK Primakara menjadi pembicara di Roadshow Bali dan Nusa Tenggara Barat di acara 1.000 Startup Bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat pada 24 Agustus 2022. Selain prestasi Institusi, mahasiswa STMIK Primakara juga telah menoreh prestasi gemilang dan capaian, ada banyak sekali prestasi dan capaian yang telah disumbangkan, di antaranya: Tenant kita CariHewan.Id menjadi Juara 1 Kompetisi Ide Bisnis Nasional Universitas Warmadewa 2023.

Tenant Mainheal mendapatkan juara 3 pada kegiatan kolabpreneur 2023. Tenant Timbangin menjadi Juara 3 di Innovator Challenge dari Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar pada 12-13 Mei 2022. Tenant Sevent berhasil meraih 1st Runnerup Business Plan Competition dalam Event the 5th National Tourism Student Championship oleh IPB International 2022.

Tenant Timbangin mendapat 25 Besar Nasional dari program Superpreneur dari Djarum 2022. Tenant Ifixpedia berhasil meraih Juara 1 pada Lomba Bisnis Plan Saraswati Entrepreneur Festival 2023 dan Lomba Perencanaan IT di PNB IT Competition.

Selain kejuaraan tenant-tenant binaan STMIK Primakara, juga berhasil mendapatkan hibah dari berbagai institusi pemerintahan diantaranya Megibung, Teampal.id, Jiwan dengan Hibah P2MW Program Binaan Mahasiswa Wirausaha 2022, Keenan Super Car dengan Hibah IWDM 2022, Taksu dan Carik Bali dengan Hibah Kuliah Kewirausahaan 2022, Bank Sampah Digital dan Sunar Farm dengan Hibah Innovilage 2022 dan Hibah PPK Ormawa 2022, dan terakhir Innomotion dan Vestbiz dengan Hibah Kewirausahaan Kemenpora 2022. 

Beberapa mahasiswa STMIK Primakara, di antaranya Bagus Gede Agus Yudistiawan, I Gst Agung Ayu Wulan Permana Dewi, Ni Putu Listya Putri Agustin, Ni Made Septiari Mahaputri, I Gede Maryun Ramjaya dan I Kadek Pande Dheva Brahmantya Putra berhasil memboyong 11 Mendali Emas dan 5 medali perunggu dalam Kejuaraan Nasional Palangkaraya 2022, Kejuaraan Provinsi Panahan 2022, dan PORPROV Bali 2022.

Mahasiswa lainnya, Sayyidah Amalia Rokhimah dan I Komang Adi Galang Permana berhasil meraih juara 1 PNB IT Competition - Kategori Perancangan Bisnis IT. Made Wahyu Purnama Putra berhasil meraih juara 1 PARAS ICT VII - Web Design. Sebanyak 2 tim PKK Ormawa, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika dan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi mendapatkan program Hibah PKK Ormawa 2022 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Terimakasih yang tidak terhingga saya sampaikan kepada Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Bapak Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi S.T., M.T., dan jajarannya yang telah memberikan atensi dan pembinaan yang luar biasa intens terhadap STMIK Primakara demi perbaikan dan kemajuan institusi secara berkelanjutan," tutup pengusaha dan tokoh pendidikan asal Desa Carangsari Kabubaten Badung ini.(BB).