Cegah Wabah PMK Meluas, Pemkot Denpasar Gencarkan Vaksinasi

  30 Januari 2023 KESEHATAN Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian  Kota Denpasar terus berupaya  memutus mata rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Denpasar. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan giat vaksinasi PMK. Kali ini giat vaksinasi PMK dilakukan di wilayah Kelurahan Padangsambian pada Senin (30/1)

Giat vaksinasi PMK kali ini, Dinas Pertanian Kota Denpasar bersama Kelurahan Padangsambian menyasar sejumlah ternak milik warga, diantaranya  adalah Sapi, Kambing, dan Babi. Untuk hewan ternak yang di vaksin pada hari ini sebanyak 30 sapi, sehingga total yang telah di vaksin telah mencapai 103 hewan ternak.

Perlu diketahui, Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat cepat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba dan sebagainya,  pengendalian nya sangat sulit dan sangat kompleks karena dibutuhkan vaksin serta perlu pengawasan lalu lintas hewan yang sangat ketat. 

Kepala Kelurahan Padangsambian, I Ketut Alit Artika, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk hasil pemantauan dan giat vaksinasi kali ini di wilayah Kelurahan Padangsambian memang belum ditemukan hewan ternak yang terjangkit virus PMK. Dia mengimbau kepada peternak untuk tetap waspada terkait adanya penyakit PMK ini, dan melaporkan bila mempunyai hewan peliharaan yang berasal dari luar wilayah. (Rls/BB)